Kiat Menghindari Jerawat Saat Berhijab

Beberapa wanita memiliki masalah saat menggunakan hijab, terutama dengan wajah. Adakah di antar Anda yang menggunakan hijab kemudian bermasalah dengan jerawat, Ladies? Mungkin ini penyebabnya.

1. Inner jilbab dipakai berhari-hari

Jangan remehkan basic needs jilbab yang satu ini. Karena inner jilbab atau dalaman jilbab adalah piranti hijab yang paling dekat dengan kulit wajah. Nah, menggunakan inner jilbab berhari-hari ternyata nggak baik juga, Ladies. Hal ini disebabkan oleh sisi pinggir inner jilbab yang sudah menyerap keringat dan ditempeli sedikit sisa make up dari wajah kita. Termasuk ketika kita wudhu, mungkin masih ada sisa air yang meresap dan membuat inner jilbab menjadi lembab. Hal ini yang bisa memicu munculnya jerawat bila inner jilbab digunakan setiap hari.
Bila Anda mengalami hal demikian, cobalah untuk mengoleksi minimal 3 inner jilbab untuk digunakan dalam seminggu. Supaya inner jilbab bisa dicuci bergantian dan lebih bersih saat digunakan dan tidak menimbulkan jerawat.

2. Kosmetik

Bisa jadi kulit Anda tidak cocok dengan kosmetik yang Anda gunakan. terutama bila Anda setiap hari harus menggunakan make up tebal sementara Anda juga berjilbab. Jangan teruskan pemakaian bila Anda mengalami iritasi dengan kosmetik yang Anda gunakan. Pilih kosmetik yang tepat dan jangan memaksakan menggunakan satu produk yang hanya akan menyakiti kulit Anda. Biarkan kulit Anda bernapas di malam hari dengan membersihkan kulit wajah. 3 kali seminggu lakukan perawatan malam hari, sehingga kulit bisa mendapatkan terapi dan pori-pori tidak selalu ditimpa kosmetik.

3. Sensitifitas

Perhatikan jenis kulit Anda. Mungkin Anda memiliki kulit sensitif dan butuh perawatan khusus. Nah, sebaiknya Ladies mengonsultasikan kulit ke dokter kulit dan bukan dokter kecantikan. Dokter kulit bisa memberikan saran dan penanganan yang mendasar tentang kulit, sehingga tidak hanya kecantikan saja, tapi juga kesehatan kulit yang didapat.

4. Makanan

Baik berhijab maupun tidak, makanan memang berpengaruh. Mengonsumsi makanan berminyak, berlemak dan pedas bisa menstimuli ‘ladang minyak’ di wajah memproduksi lebih banyak minyak. Bila berlebihan, kulit jadi rawan jerawatan. Kalau Anda berencana makan berlemak dan pedas hari ini, jangan lupa imbangi dengan makan sayur dan buah ya?

5. Siklus bulanan

Nah, yang satu ini sering terjadi. Jangan keburu bilang hijab itu bikin jerawatan. Mungkin Anda sedang mengalami PMS sehingga jerawat Anda muncul menghiasi wajah Anda. It’s okay, Ladies. Dengan konsumsi makanan dan merawat wajah, hal itu bisa dicegah. Nggak perlu terlalu panik kok kalau ada jerawat yang muncul di wajah. Mungkin kita akan sedikit kecewa ya karena muka jadi nggak bening. Namun wajah tanpa jerawat bagai langit malam tak berbintang kok, Ladies.
(vem/gil)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: