Rawat Juga Ya Koleksi Hijabmu

Jilbab masa kini terbuat dari bahan kain yang makin beragam. Oleh karena itu, perawatannya juga tidak bisa disamakan, Ladies. Bagaimana dong cara merawat jilbab yang baik? Ikuti langkahnya berikut ini.

1. Jilbab Paris

Jilbab semacam ini biasanya bahannya tipis dan nyaman. Untuk mencucinya, Anda cukup menggunakan air sabun ketimbang deterjen. Jangan mengucek terlalu keras bila ada noda yang tertinggal. Jemur jilbab di tempat yang rindang sehingga tidak terpapar sinar matahari langsung. Begitu pula dengan menyetrika, gunakan suhu yang sedang hingga rendah. Jangan langsung menggosok jilbab, tapi coba dulu pada alas setrika untuk mengukur suhu panas setrika.

2. Jilbab Bahan Kaos/Rayon

Jilbab rayon/kaos bisanya memiliki elastisitas atau kelenturan yang baik, namun jangan terlalu sering membuatnya tertarik karena bisa membuat bahan menjadi molor dan tidak bagus bentuknya. Karena warna jilbab kaos cukup pekat, sendirikan saat mencuci agar tidak luntur. Cara mencuci dan menjemurnya tidak berbeda dengan jilbab paris, hanya saja, kita bisa menggunakan deterjen sebagai pembersih. Setrika dengan suhu sedang karena bahannya cukup tebal.

3. Jilbab Chiffon

Jilbab chiffon sangat ringan dan butuh perawatan khusus. Untuk membersihkan bahan semacam ini, kita harus mencucinya dengan manual dan menggunakan air sabun. Menguceknya pun harus sangat hati-hati agar tidak mengubah bentuk dan warna bila chiffon Anda memiliki corak. Segera cuci kerudung setelah Anda menggunakannya seharian dan saat menyetrika, lapisi dengan kain agar tidak berinteraksi langsung dengan panas setrika.

4. Jilbab berpayet

Hindari menggunakan deterjen. Pakai lah larutan air dan shampoo, namun jangan pula merendam terlalu lama. Jangan memeras bagian yang berpayet karena bisa jadi merusak tatanannya. Jemur dengan diangin-anginkan sudah cukup untuk menjaga bentuk dan warna jilbab payet.

5. Jilbab Viscose

Jilbab seperti ini terasa lembut dan dingin di kulit, warnanya juga sedikit mengkilap dan mirip seperti rajutan. Untuk merawat jilbab ini, jangan merendam terlalu lama karena bisa merusak jilbab. Jemur dengan diangin-anginkan dan setrika dengan panas rendah sudah bisa membuat jilbab Anda licin. Perhatikan penggunaan peniti, bros dan jarum pentul karena beberapa viscose mudah berlubang bila disemati peniti.
Perhatian khusus pada jilbab akan membuatnya awet dan tetap cantik saat digunakan. Jadi jangan sampai salah perawatan ya, Ladies. Vemale.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: