Ajari Anak Berjilbab Sejak Dini

Mengajarkan anak hal yang baik ketika masih kecil akan menjadi kebiasaan ketika mereka beranjak dewasa. Begitu juga dengan mengajarkan agama, salah satunya untuk menutup aurat bagi anak perempuan. Ketika Anda mulai ajari anak berjilbab sejak dini, hal ini akan menjadi kebiasaannya ketika beranjak dewasa nantinya. 
Anak pada umumnya sering bergerak mudah gerah, sehingga kadang agak sulit untuk dibiasakan memakai jilbab.Namun Anda bisa menggunakan cara yang menyenangkan untuk membiasakan si kecil berjilbab. Bagaimana cara  ajari anak berjilbab sejak dini, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Usia Menggunakan Jilbab


Kenalkan anak Anda pada jilbab sedini mungkin. Lakukan dengan bertahap mulai balita. Misalnya menggunakan pakaian yang panjang, menggunakan kerudung, kemudian mulai menggunakan jilbab.Saat ini sudah banyak model jilbab untuk anak kecil yang cantik.
2. Memilih Bahan Pakaian
Pilihlah bahan yang menyerap keringat seperti bahan kaos atau katun dan memudahkan anak untuk bergerak aktif. Sehingga anak Anda tidak akan kepanasan menggunakan jilbab maupun busana muslim mereka.
3. Model Pakaian
Anak-anak tidak suka ribet. Pilih model pakaian yang sederhana. Misalnya dengan jilbab instan dan baju terusan panjang atau busana muslim dua potong. Pilih dengan warna favorit anak, bagus juga bila Anda bisa memilih baju muslim dengan pola yang disukai anak-anak Anda.
4. Keluar Rumah Berjilbab
Pastikan anak Anda keluar rumah selalu dalam keadaan berjilbab. Berikan arahan mengenai pakaian yang digunakan di dalam dan di luar rumah.
5. Pujian
Berikan pujian saat anak menggunakan jilbab. Bukan sekedar karena pakaiannya bagus, namun juga dukunglah secara positif secara psikologis. Misalnya, �Pinter dan cantik deh anak Bunda setelah memakai jilbab.�
6. Pengarahan Seiring Usia
Jangan lupa bahwa anak kita akan beranjak dewasa dan semakin lama mereka akan semakin kritis melihat teman-teman sekitarnya. Ajak anak mengetahui lebih dalam tentang kewajiban berjilbab bagi muslimah sesuai dengan usianya. Misalnya saat masuk SD, terangkan mengapa dia memakai jilbab. Kemudian berikan arahan yang lebih mendalam ketika dia mulai menginjak usia remaja atau usia baligh.
Itulah beberapa tips cara ajari anak berjilbab sejak dini. Tidak ada salahnya mengajarkan anak mengenai nilai-nilai agama mulai dari hal yang sederhana seperti pakaian. Selamat mencoba, Ladies.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: